Tips Merawat Kulkas di Rumah

Perkembangan teknologi pada masa modern ini tidak terlepas dari berbagai perangkat elektronik yang muncul untuk mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat.  Perangkat modern yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman dan tuntutan kegunaan. Telepon pintar, computer dengan bermacam aplikasi serta berbagai perangkat keras yang sangat berguna bagi masayarakat dalam melakukan kegiatan sehari- hari. Selain perangkat pintar yang digunakan untuk dunia kerja.

Banyak pula perangkat elektronik yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan industri. Salah satu yang paling krusial dalam kegiatan sehari-hari masyarakat modern adalah kulkas. Kulkas atau lemari es adalah media yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Alat yang sangat berguna ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga saja, akan tetapi kulkas juga di pakai di tempat- tempat perindustrian yang memakai bahan yang cepat membusuk . pada masa sekarang ini kulkas pun sudah bebas di jual dan warung-warung kecil penjual makanan pun menggunakan kulkas supaya bahan bahan untuk masakan mereka menjadi lebih awet. Industry besar seperti pengalengan ikan,atau industry fast food yang makin menjamur menggunakan kulkas terbaik  mereka  agar kualitas bahan makanan mereka tetap terjamin. Begitu banyak nya frozen food juga membuat mangsa pasar dari kulkas ini besar.

Penggunaan kulkas dalam kegiatan sehari-hari tentulah akan sangat berisiko jika tidak dirawat dengan baik. Kulkas yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang mudah busuk akan sangat merugikan jika rusak.  Kerugian dari sisi materi karena bahan yang harusnya bisa digunakan menjadi busuk. Bahan-bahan makanan atau bahan lain yang di tempatkan pada kulkas menjadi lebih segar, berbeda dengan bahan yang dibiarkan di ruang terbuka. Kulkas menjaga bahan tetap higinis dan sehat karena tidak terhinggap oleh lalat atau terkena polusi dari udara yang kotor. Untuk itu diperlukan beberapa hal supaya kulkas tetap berfungsi dengan baik , khususnya bagi para ibu yang selalu menyimpan bahan makanan di kulkas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk  merawat kulkas yang ada di rumah.

Pertama, pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat karena udara yang masuk saat pintu kulkas terbuka membuat muatan listrik menjadi lebih besar dan otomatis tegangan listrik akan lebih tinggi. Hal itulah yang menyebabkan listrik menjadi lebih boros. Penggunaan listrik yang tidak stabil juga membuat kulkas menjadi lebih cepat rusak. Sebagai contoh listrik yang sering mati akan membuat kulkas cepet rusak, ada baiknya jika membeli kulkas sesuaikan dengam tegangan listrik masing-masing rumah.

Isi kulkas sesuai dengan kapasitas. Kulkas akan berjalan baik apabila digunakan sesuai dengan standart. Pengisian kulkas juga tidak bisa sembarangan. Walau dapat menampung banyak bahan dan makanan, usahakan kulkas tidak melebihi kapasitas. Kelebihan kapasitas dapat membuat rak- rak sekat yang ada di dalam kulkas tidak mampu menahan beban sehingga mudah rusak , selain itu kinerja pendingin kulkas juga tidak akan bekerja maksimal jika kapasitas melebihi yang seharusnya.

Bersihkan bagian dalam kulkas secara berkala. Hanya karena selalu tertutup bukan berarti kondisi dalam kulkas selalu bersih. Bagian dalam kulkas yang biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti sayuran, buah dan daging pastilah meninggalkan noda yang lama-lama kelamaan akan menumpuk. Untuk itu bersihkan bagian dalam secara berkala untuk menghindari tertinggalnya kotoran dari bahan yang telah lama. Selain itu bersihkan juga bunga es yang terdapat pada frezzer. Jangan membersihkan bunga es dengan benda-benda tajam karena akan merusak fungsi dari kulkas itu sendiri. Bersihkan bunga es dengan cara mematikan temperatur hingga ke tahap normal dan tunggu bunga es mencair lalu bersihkan bagian yang kotor.

Yang terakhir matikan kulkas saat tidak dipakai. Apabila kita akan melakukan perjalanan atau keluar rumah untuk waktu yang cukup lama seperti satu minggu atau satu bulan kosongkan isi kulkas terlebih dahulu kemudian matikan kulkas. Selain menghemat listrik mematikan kulkas saat tidak digunakan juga menjaga kulkas tetap dalam keadaan baik.  Kulkas menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak karena terjaga kebersihannya. Kulkas yang digunakan sebagaimana mestinya akan menjaga kesegaran dan kualitas dari bahan makanan tersebut.