Tabungan Emas Atau Saham?

Investasi saat ini sudah beraneka ragam. Ada yang berbentuk tabungan emas, ada juga yang sudah dalam wujud tabungan saham. Lalu, mana yang cocok untuk dijadikan referensi. Dengan melakukan dan mengecek grafik harga emas hari ini, Anda bisa mengetahui perkembangan emas tiap waktunya secara berkala. Berikut gambaran bagi Anda yang masih bingung mau mengambil keputusan yang mana antara tabungan emas atau tabungan saham, sebagai berikut.

Modal investasi

Maksud menabung di sini bukan seperti menabung uang di celengan yang biasa Anda lakukan atau pun menabung di bank, ya guys. Saat ini dan mungkin Anda sudah tahu bahwa pegadaian membuka program tabungan emas dengan modal Rp 50 ribu atau minimal pembelian 0,01 gram. Dengan begitu, Anda sudah terhitung nabung emas walau modalnya Cuma Rp 50 ribu. Cukup kecil modalnya, betul? Namun, lain halnya dengan tabungan saham, Anda perlu mengeluarkan modal investasi dua kali modal tabungan emas. Modalnya yaitu sebesar Rp 100 ribu. Dengan modal segitu, Anda sudah dapat menyimpan dana dalam bentuk saham atau reksadana. Anda juga bisa membuka aplikasi cek saham harga emas.

Profit

Profit dalam tabungan emas atau saham dirasa kurang terilhat, gak tentu alisan fluktuatif. Namun, bukan berarti harganya sering berubah – ubah. Harga emas cenderung stabil dibandingkan saham. Emas jarang sekali mengalami penurunan harga yang sangat anjlok. Bahkan, harga emas ada proyeksinya juga. Kalau saham? Sudah jelas tidak akan berani memberikan profit tinggi daripada emas. Persentasenya memang tidak menentu juga, kaarena tergantung pada kondisi pasar atau IHSD yang dipengaruhi situasi dalam negeri dan di luar negeri. Anda juga harus memahami rata – rata return saham yang bisa mencapai 15 – 25 persen tiap tahunnya dari dana yang diinvestasikan.

Kekurangan

Tabungan emas jelas memiliki kerugian, meskipun tidak begitu banyak dan masih cenderung aman. Kerugian pertama adalah Anda baru boleh memperoleh emas dalam  wujud fisik klau mencapai berat minimal  1 gram. Kerugian selanjutnya, saat Anda akan menjual emas, Anda pasti dikenakan harga beli. Sementara saat kamu beli emas buat ditabung, kamu dikenakan harga jual. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan di aplikasi cek saham harga emas.

Biaya

Saat menabung emas, terdapat beberapa biaya yang dibebankan kepada Anda, yaitu biaya administrasi, biaya fasilitas titipan, biaya transaksi, biaya transfer dan biaya cetak. Berbicara mengenai biaya, Anda bisa melakukan pengecekan  grafik harga emas hari ini, untuk gambaran bagi Anda ke depannya dalam menabung emas maupun menanam saham. Dalam saham, biaya – biaya yang dikenakan kepada Anda adalah biaya dalam bentuk persen untuk membeli saham, sedikit naik persenannya untuk menjual saham, kemudian biaya tersebut sudah termasuk PPN dan PPh 0,1 %.

Itu tadi beberapa perbandingan antara tabungan emas dan tabungan saham. Jadi, mana nih yang bakal kamu ambil sebagai pilihan investasi?