Pentingnya Air dan Snacking dalam Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang ngemil saat diet adalah salah satu hal yang salah? Untuk tahu seberapa penting peran snack dan air dalam diet, berikut ini akan kami berikan ulasannya.

Fungsi air dalam tubuh

Air adalah komponen yang sangat penting untuk tubuh. Hal ini disebabkan karena keberadaan air dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang penting untuk tubuh. Selain itu keberadaan air juga dapat membantu mengurangi racun yang dapat merusak tubuh atau melakukan detoksifikasi. Hal inilah yang menyebabkan setiap ahli gizi menyarankan anda untuk minum air sekitar 2 liter setiap hari.

Selain membantu untuk menyerap vitamin dan mineral serta membantu untuk proses detoks, minum banyak air ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan lho. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 meminum air 30 menit sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Hal ini disebabkan karena air membantu mengisi perut anda sehingga kalori yang anda konsumsi makin sedikit.

Air dalam diet

Untuk peran snack dan air dalam diet adalah sebagai salah satu cara untuk mengurangi kalori yang dikonsumsi secara harian dalam tubuh. Selain membantu untuk memenuhi perut anda, ada fakta lain mengenai air dan tubuh kita yang perlu anda ketahui. Seperti yang kita ketahui, otak manusia terbagi dalam beberapa bagian. Salah satu bagian dari otak kita namanya adalah hipotalamus. Otak ini merupakan otak yang bertanggung jawab dalam mengatur mood dan juga hormon di dalam tubuh termasuk bertanggung jawab untuk memberikan peringatan rasa haus dan lapar.

Fakta yang perlu anda ketahui adalah ternyata, otak hipotalamus kita tidak bisa membedakan kondisi di mana anda membutuhkan kalori dan kondisi di mana anda mengalami dehidrasi. Hal inilah yang sering kali menyebabkan anda merasa selalu lapar, ternyata rasa lapar yang dikirimkan oleh otak bisa saja merupakan sinyal bahwa tubuh mengalami kekurangan air. Lalu bagaimana mengatasinya? Untuk mengatasinya salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah mengambil air minum dahulu ketika anda merasa lapar. Jika rangsangan yang diberikan memang merupakan sinyal dehidrasi, rasa lapar akan hilang setelah anda minum air.

Snack dalam diet

Selain mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan menggunakan cairan. Hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda adalah dengan cara mengemil. Ngemil adalah salah satu aktivitas yang sering kali disebut sebagai perusak bentuk tubuh. Hal ini tentu disebabkan karena makanan yang anda gunakan untuk ngemil adalah makanan yang memiliki sifat asam.

Beda cerita jika anda ngemil dengan makanan yang memiliki sifat atau kadar alkaline, selain sehat camilan ini juga dapat membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing. Hal ini disebabkan karena waktu anda ngemil makanan dengan kadar alkali tinggi anda akan mendapatkan asupan serat. Serat ini akan membantu anda untuk merasa lebih kenyang sehingga saat makan besar anda tidak kalap.

Beberapa contoh dari snack yang bisa anda konsumsi yang dapat membantu anda menurunkan berat badan antara lain adalah snack berupa sayuran seperti wortel, alpukat, seledri dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi sudah tahu bukan bahwa snack dan air dalam diet itu sangat penting? Tapi pastikan snack dan air yang anda konsumsi adalah snack dan air yang tepat. Hindari soda dan minuman manis untuk asupan air ya!